Erdogan Ingin Memastikan Blokade Gaza Dicabut dengan Mengunjunginya melalui Laut dan Darat


Sumber diplomasi Turki mengungkap bahwa PM Rejeb Taeb Erdogan akan tiba ke Jalur Gaza melalui jalan laut di perairan internasional.
Kantor berita Ar-Ra’yu melansir pernyataan dari pemerintah Palestina dari sumber Turki kemarin Kamis (27/6) bahwa Erdogan saat tiba di Gaza akan diangkut dengan pesawat helicopter ke landasan Arafat di Majma Keamanan.
Sumber di atas menjelaskan, misi Erdogan di balik kunjungan ini adalah mengingatkan dunia akan peristiwa tewasnya tujuh warga Turki di kapal Mavi Marmara di tangan pasukan laut zionis. Kapal tersebut berusaha menembus blokade Jalur Gaza beberapa tahun lalu. Selain itu, kunjungan ini juga membawa misi politik terkait pembebasan blokade dari Jalur Gaza.

Sumber menegaskan, kunjungan Erdogan akan disertai dengan 18 tokoh Turki.
Sebelumnya, Erdogan selama pertemuannya kemarin bersama partai Keadilan dan Pembangunan bahwa dirinya akan membentuk tim dadakan untuk kunjungan ke Gaza. Namun kunjungan itu tertunda karena unjuk rasa dan protes di Turki belakangan ini.
Delegasi Turki tiba di Gaza pada Selasa di perlintasan Rafah. Kemudian akan dilanjutkan persiapan selama dua hari yang akan dilakukan pembukaan proyek pendanaan dari Turki seperti RS Persahabatan Turki Palestina.
Di sisi lain, Sekjen Kabinet Abdus Salam Shayyam menegaskan pemerintah Palestina belum menerima secara kepastian tibanya kunjungan PM Turki Erdogan di Gaza.
Shayyam menegaskan, kunjungan Erdogan sebagai peristiwa bersejarah dan unik serta akan berperan dalam membebaskan Jalur Gaza dari blokade.
Share this with short URL: