Aksi Bom Bunuh Diri di Poso


Hari ini, di Indonesia dikejutkan dengan aksi bom bunuh diri di daerah Poso. Kapolres Poso AKBP Susnadi memastikan tidak ada korban dari pihaknya terkait ledakan bom bunuh diri di halaman Mapolres Poso, Sulawesi Tengah, pagi tadi
Bom bunuh diri meledak di area parkir Mapolres Poso saat petugas Polres Poso melaksanakan apel. Namun lokasi ledakan dengan titik konsentrasi polisi masih cukup jauh.
Bom meledak sekira pukul 08.03 Wita di dekat parkiran penjagaan Masjid At Taqwa yang ada di area mapolres.
“Telah terjadi bom bunuh diri yang mana pelakunya seorang laki-laki yang tidak dikenal dengan menggunakan sepeda motor Honda Supra X,” ungkap Susnadi , Senin (3/6/2013).
“Pada saat itu personel polres selesai melaksanakan apel pagi. Kondisi korban hancur berikut motor yang di kendarainya. Untuk korban dari pihak anggota kepolisian tidak ada,” tegasnya.
(sumber: eramuslim.com)

Namun, kajadian ini tidak akan bisa dilepaskan dari berbagai faktor. Diantara faktor yang mungkin muncul adalah, apakah dari ketidakadilan yang diterima umat Islam, kebrutalan densus 88, permainan intelejen, dendamnya pelaku, pemahaman yang salah terhadap aktivitas tersebut, atau faktor lainnya. Oleh karena itu, jika umat Islam tidak bisa memahaminya dengan baik dan mengetahui apa yang melatarbelakangi kejadian tersebut dengan benar, maka akan terjadi pemahaman yang salah dalam melihat peristiwa aksi bom bunuh diri secara utuh.
Tidak bisa dipungkiri, bahwa aksi bom bunuh diri (atau biasa disebut dengan amaliyah istisyhadiyah) telah banyak dilakukan oleh para aktivis muslim khususnya di Palestina dalam melakukan perlawanannya terhadap Zionis yang mencaplok negaranya. Berbagai pandangan ulama terhadap aktivitas ini telah disampaikan. Maka disini, kita akan menyuguhkan berbagai pandangan ulama terhadap aktivitas 'bom bunuh diri' secara utuh.
Penulis tidak dalam kapasitas mendukung atau menolak kegiatan amaliyah istisyhadiyah, namun penulis berusaha memaparkan berbagai macam pandangan ulama sehingga kita mengetahui kaidah yang benar dalam aktivitas tersebut.
Untuk mengetahuinya, silahkan lihat di sini atau di sini
Share this with short URL: