Referendum Mesir: Pro konstitusi Mursi menang 63.96 persen

Kairo  - Setelah putaran kedua referendum Mesir berlangsung di 17 Propinsi Sabtu (22/12), nampaknya kubu Pro-Konstitusi unggul atas oposisi yang menolak rancangan konstitusi Presiden Moursi. Meskipun perhitungan resmi belum diumumkan, berbagai perhitungan unofficial menunjukkan Pro-Konstitusi mengungguli oposisi. 

Menurut perhitungan  Ahram Online, pro konstitusi secara keseluruhan ( putaran 1 dan 2)  menang 63,96 %, sementara oposisi memperoleh 36,04 %. Perhitungan lembaga swasta lainnya juga menunjukkan kemenangan Pro-Konstitusi meski dengan angka yang berbeda-beda.

Referendum ini hanya diikuti 31,62 % dari total warga yang mempunyai hak suara 51.332.375 orang. Berarti Golput  mencapai 68 % lebih. Tentu referendum tetap sah, tapi banyak orang mempersoalkan legalitas dari sebuah konstitusi yang berlakunya ditentukan oleh referendum yang hanya diikuti 31,62 % dari jumlah pemilih. Pihak oposisi juga menuduh banyak kecurangan dalam proses referendum, tapi pro-konstitusi terutama  Ikhwanul Muslimin menolak tuduhan oposisi.



Dalam pada itu, Sabtu malam (22/12), Moursi mengumumkan nama-nama dari 90 anggota baru yang telah ditunjuk sebagai anggota majelis tinggi parlemen. Media pemerintah melaporkan, dan seorang pejabat kepresidenan mengatakan daftar itu terutama liberal dan non-Islam.
(SI ONLINE)
Share this with short URL: