Pendukung Mursi melebihi 26 juta


massa mursi
Dua hari telah berlalu, nampaknya Mesir belum sepi dengan gerakan tamarrud-tajarrud nya. Orasi jubir resmi kepresidenan dan orasi panglima militer pun belum memberikan pencerahan bagi rakyat Mesir. Bukan hanya pihak kontra-Mursi saja yang bertahan, tapi pihak yang pro-Mursi pun tetap bertahan bahkan massanya semakin bertambah. Kawasan Rab’ah Adawea yang menjadi pusat utama massa pendukung Mursi rupanya semakin sesak dan padat, karena tempat ini diduduki lebih dari dua puluh enam juta orang. Sampai saat ini massa pendukung Mursi semakin bertambah bukan hanya di satu titik tapi juga mereka menjalar ke beberapa titik.

Di kawasan Rab’ah Adawea massa pro-Mursi ini memanfaatkan situasi yang ada dengan membentuk front perlawanan kontra-revolusi. Kontra-revolusi ini gagasan utama dari gerakan tamarrud (pembangkang pemerintahan resmi). Sebagaimana yang dijelaskan oleh aktivis politik Abdurrahman Izz, bahwa front ini dibentuk dengan bertujuan mengawal revolusi 25 Januari dan menjaga keabsahan presiden Mursi.
Seperti di daerah Giza salah satu provinsi yang bergandengan dengan ibu kota Kairo, pada tadi malam sudah dipenuhi oleh ratusan ribu orang yang membela Moursi. Mereka berkerumun sambil meneriakkan yel-yel nya, di antaranya: “Mursi, Mursi, Allah bersamamu…!!! Bertahanlah wahai Mursi kami bersamamu,..!!!”. Sebagaimana yang dilansir oleh laman resminya ikhwan.com, di daerah tersebut bukan hanya pemuda dan kaum pria saja yang mengikuti aksi damai tersebut tapi juga kaum ibu yang sudah tua pun mereka bersemangat turun ke area keramaian pendukung Moursi. Tepatnya di depan salah satu universitas bergengsi di Mesir, Cairo university mereka berkumpul guna menggenapkan pendukung Mursi yang berada di Rab’ah Adawea.
Bukan hanya di Rab’ah dan di Giza, di salah satu kota besar pun yaitu kota 6 oktober massa pendukung Mursi pun juga berkumpul. Tepatnya mereka berkumpul di depan Masjid Al-Hasry, sekitar ratusan orang mereka berkumpul sambil berteriak dengan yel-yel nya “dengan ruh dan darah, kami membelamu wahai presiden yang sah, sah,..sah,.. engkau sah wahai presiden!!!”.
Ainussyam salah satu kota di daerah Kairo menjadi pelengkap kubu pendukung Mursi, ribuan massa berkumpul di tempat ini sejak kemarin, sambil meneriakkan yel-yel “ Dengar panglima Syisi, Moursi presidenku. Moursi tidak akan lengser,.!!!”   (sbb/dakwatuna)
Share this with short URL: