Militer Mengkudeta, Bagaimana Sikap Persatuan Mahasiswa Mesir?


Badan Eksekutif Persatuan Mahasiswa Mesir (Egyptian Student Union, ESU) menyatakan sikap terkait perkembangan politik mutakhir di negaranya. Persatuan mengumumkan dukungan penuhnya terhadap legitimasi konstitusional Presiden terpilih Mohamed Morsi. Persatuan menekankan bahwa tindakan Dewan Militer merupakan kudeta de facto yang melawan kehendak rakyat Mesir.


Dari panggung utama unjukrasa di Medan Raba'a Al-Adawiyah, Ahmed Al-Baqri selaku Wakil Presiden Persatuan mengatakan bahwa Badan Eksekutif Persatuan Mahasiswa Mesir telah bartemu untuk mendiskusikan rumusan dukungan kepada Presiden Morsi.

Pertemuan yang berakhir dengan voting tersebut menghasilkan 7 lawan 2 suara, dengan kemenangan memutuskan untuk mendukung Presiden Morsi dan menolak segala bentuk kudeta.

Badan Eksekutif akan resmi merilis pernyataan pada Senin ini, sebagai bentuk ekspresi dukungan terhadap Presiden Morsi selaku pres terpilih.

Wakil Presiden Persatuan juga kemudian menyerukan dari atas panggung dengan lantang. "Kami para mahasiswa menandaskan hal ini sejelas-jelasnya dan setegas-tegasnya... bahwa Morsi ialah Presiden sah Republik Mesir ini" lantang Ahmed. [iw/ismed]
Share this with short URL: